You are currently viewing Switch, Konsol Terbaru Nintendo yang Dapat Dimainkan Dimana Saja

Setelah lama dirumorkan mengenai perangkat konsol terbaru apa yang bakal dirilis, Nintendo akhirnya menjawabnya dengan perangkat konsol mereka yang bernama Switch. Perangkat konsol yang sebulumnya diisukan bernama NX ini pun akhirnya secara resmi bakal hadir di tangan konsumen.

nintendo-switch-0

Baru-baru ini Nintendo telah merilis sebuah video resmi pada akun YouTube mereka yang memperlihatkan perangkat konsol Switch. Tidak seperti perangkat konsol dari Sony maupun Microsoft, Switch merupakan perangkat yang bisa dikatakan konsol portable.

nintendo-switch-00

Dikatakan demikian karena bentuknya sendiri menyerupai sebuah tablet, dengan controller pada sisi kiri dan kanannya yang bernama Joy-Con. Yang lebih menarik lagi adalah, controller tersebut dapat dilepas dan dapat digunakan secara wireless alias nirkabel.

nintendo-switch-1

Jadi misal Anda sedang bermain di rumah, cukup sambungkan perangkat konsol Switch ini ke sebuah dock yang terhubung dengan televisi. Dengan begini kerabat atau keluarga dapat menikmati juga bermain menggunakan konsol ini. Nintendo pun juga menyediakan perangkat controller tambahan bila ingin dimainkan dengan kerabat Anda, yang bentuknya mirip dengan kontroller konsol pada umumnya.

nintendo-switch-3

Ingin berpergian? Tenang saja, Cukup cabut konsol Switch dari dock dan otomatis perangkat ini akan menjadi layaknya konsol portable yang dapat dimainkan dimana saja, dengan memasangkan kembali Joy-Con. Menariknya lagi adalah, Joy-Con ini dapat digunakan untuk dua orang layaknya sebuah controller klasik, untuk memainkan game secara multiplayer dalam satu layar.

nintendo-switch-4

Nintendo menggandeng Nvidia sebagai pemasok utama chipset yang ada pada konsol Switch ini. Chipset yang dipakai pun adalah Tegra, namun tidak diketahui seri mana yang digunakan. Namun dari penjelasan Nvidia, GPU atau pengolah grafis yang terdapat pada chipset ini menggunakan arsitektur Pascal, yang juga terdapat pada VGA card terbaru mereka.

nintendo-switch-5

Nintendo mengumumkan bahwa konsol Switch Ini bakal tersedia pada bulan Maret 2017 mendatang. Nintendo juga telah menggandeng beberapa pengembang game ternama seperti Activision, Atlus, Bethesda, Capcom, EA, Epic Games, Konami, PlatinumGames, Square Enix, Take-Two dan Ubisoft. Dari rumor yang beredar, harga konsol Switch berada pada kisaran 300 USD hingga 350 USD (3,9 juta hingga 4,6 juta Rupiah).

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply