Sistem operasi milik Apple, iOS, memang tidak banyak menjadi target serangan para pembuat aplikasi malware dan virus berbahaya. Namun hal ini ternyata tidak mengindikasikan bahwa platform mobile tersebut mempunyai tingkat keamanan yang bagus.

Hal ini dibuktikan dengan data terbaru yang dirilis oleh Symantec. Mereka mengatakan bahwa pada kenyataannya, iOS mempunyai banyak celah yang bisa dimanfaatkan secara negatif. Alih-alih menyerang iOS, banyak aplikasi malware dan virus berbahaya didesain untuk melakukan penyerangan kepada pengguna Android.

Dalam dokumentasinya, Symantec mengungkapkan bahwa kerentanan keamanan dalam dunia mobile saat ini banyak yang tidak segaris dengan malware yang beredar. Bahkan Symantec mengatakan bahwa iOS memiliki dokumentasi celah keamanan terbanyak di tahun 2012. Anehnya hanya ada satu malware yang diciptakan untuk platform tersebut, tulis Symantec.

Di sisi lain, Android mempunyai 13 celah keamanan dan banyak menjadi target serangan malware. Symantec beranggapan bahwa mudahnya penyerangan malware dalam platform Android terjadi karena kemudahan distribusi aplikasi di dalamnya. Para produsen smartphone bisa dengan mudah memodifikasi sistem operasi tersebut, dan modifikasi itu memberi peluang masuknya aplikasi malware.

(Via Softpedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here