Samsung saat ini menjadi raksasa di bidang teknologi, utamanya di sektor perangkat mobile. Produk tablet dan smartphone perusahaan asal Korea Selatan ini laris di pasaran. Tak mengherankan kalau mereka pun selalu memperoleh keuntungan.

kantor samsung

Namun pada akhir tahun 2013, mereka memperoleh sedikit kebuntungan. Samsung memang masih mendapatkan keuntungan. Namun jumlah keuntungan pada kuartal terakhir 2014 mengalami penurunan. Fenomena ini pun menjadi yang pertama dialami oleh Samsung dalam dua tahun terakhir.

Meskipun begitu, penurunan angka keuntungan yang didapatkan oleh Samsung pada tahun 2013 tak terlalu besar. Pada kuartal keempat 2013, mereka berhasil memperoleh keuntungan sebesar 7.7 miliar USD, turun sebesar 6 persen dibandingkan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Terdapat dua faktor utama yang dianggap Samsung mengakibatkan penurunan keuntungan tersebut. Dua faktor tersebut adalah besarnya bonus yang diberikan kepada para karyawan serta melemahnya nilai tukar mata uang Korea terhadap mata uang negara lain.

Pada tahun 2014 ini, Samsung pun berharap bisa mengulangi kesuksesan di tahun sebelumnya. Mereka berharap bisa mempertahankan posisi sebagai produsen smartphone terbesar di Amerika dan Cina dengan meluncurkan Galaxy S5.

via Pocket-lint