Tahun 2013 masih menjadi tahunnya para produsen smartphone dunia. Menurut data yang dirilis oleh IDC, pada tahun 2013 sebanyak 1 miliar smartphone telah dikirimkan oleh para produsen ke pasaran. Lebih detailnya, sebanyak 1,004 miliar unit smartphone berhasil dikirimkan ke pasaran.

smartphone idc 2013

Angka tersebut pun mengalami kenaikan yang cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar 38.4 persen. Dan dari seluruh produsen smartphone dunia, Samsung berhasil menjadi juara dengan menguasai sebanyak 31.1 persen market share.

Dalam data tersebut juga terungkap bahwa dua perusahaan raksasa Cina berhasil menempati posisi lima besar. Dua perusahaan tersebut adalah Huawei yang duduk di posisi ketiga dan Lenovo yang ada di posisi kelima. Apple yang ada di posisi runner up pun menjadi satu-satunya negara non Asia yang berada di lima besar produsen smartphone dunia.

Pada 2013, LG pun nampaknya berhasil memperoleh kesuksesan. Pesaing Samsung tersebut berhasil menempati posisi keempat dan memasarkan sebanyak 47.7 juta unit smartphone. Sementara itu Sony nampaknya harus bekerja ekstra keras agar bisa bersaing di segmen smartphone.

via Slashgear