Kedigdayaan Apple di segmen tablet dengan iPad miliknya kini mulai mengalami penurunan. Gartner baru saja merilis data bahwa tingkat penjualan iPad pada tahun 2013 lalu berhasil dikalahkan oleh tablet Android.

android eat apple

Yang perlu dicatat adalah kekalahan iPad tersebut jika dibandingkan dengan seluruh penjualan tablet Android di pasaran. Namun jika dibandingkan dengan brand tablet lain, seperti Asus atau bahkan Samsung, iPad milik Apple jauh lebih populer.

Data dari Gartner menunjukkan bahwa saat ini tablet Android menguasai pasar dunia dengan porsi sebesar 61.9 persen. Sementara itu iPad berhasil duduk posisi kedua dengan porsi 36 persen. Di tempat ketiga adalah Microsoft dengan tablet Windows miliknya yang memiliki market share 2.1 persen.

Dibandingkan tahun 2012, perubahan market share di segmen tablet mengalami perubahan drastis. Saat itu, Apple menjadi dominator dengan market share mencapai 53 persen. Sementara Android berada di posisi kedua dengan porsi 46 persen.

Popularitas Android di pasaran terjadi karena meningkatnya produksi tablet Android murah dengan ukuran layar mungil. Apple memang berusaha untuk terjun di segmen yang mereka bilang murah dengan iPad mini. Namun hal tersebut ternyata dianggap kurang murah oleh konsumen, karena adanya tablet Android seperti Nexus ataupun Kindle Fire.

via Ubergizmo