Jika Anda pengguna setia OS Android sejak awal kemunculannya, pasti masih ingat dengan OS Android 2.3 Gingerbread. OS Android 2.3 Gingerbread telah dirilis sejak tahun 2010 silam dan sekarang OS kue jahe tersebut telah berusia 6 tahun.

Tentu itu usia yang cukup tua bagi OS mobile dan hal yang cukup mengejutkan adalah, Google masih mendukung Play Service bagi OS tersebut. Namun semua itu akan berubah ketika masuk ke tahun 2017, dimana Google telah mengumumkan tidak akan lagi mendukung layanan Play Service untuk Android 2.3 Gingerbread.

gingerbread

Google Play Service versi 10.0.0 akan menjadi versi terakhir yang akan mendukung OS Gingerbread dan versi 10.2.0 sudah tidak lagi mendukung OS tersebut. Menurut Google, “Rilis berikutnya yang dijadwalkan dari libraries ini adalah versi 10.2.0, dan itu akan meningkatkan minimal tingkat dukungan dari  API 9-14 (Android 4.0.1 Ice Cream Sandwich – 7.0 Nougat). Perubahan ini akan terjadi pada awal 2017. “

Lalu apa yang membuat Google memutuskan untuk membuat keputusan ini dengan menghentikan dukungan untuk Android 2.3 Gingerbread? Google mengatakan, “Platform Gingerbread berusia hampir enam tahun. Banyak pengembang Android telah menghentikan dukungan untuk Android 2.3 Gingerbread di aplikasi mereka. Hal ini membantu mereka membuat aplikasi yang lebih baik dengan menggunakan kemampuan yang lebih baru dari platform Android. Bagi kami, situasinya sama. Dengan membuat perubahan ini, kita akan mampu menyediakan koleksi tools yang lebih kuat untuk pengembang Android dengan kecepatan yang lebih besar. “

Selain itu, jumlah perangkat yang masih menjalankan OS ini juga semakin hari semakin berkurang dan para pengembang aplikasi memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi bagi platform Android M atau yang lebih baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here