(Kredit: CNET)

Tahun lalu, Google memperkenalkan smartphone Pixel dan Pixel XL yang dicap sebagai smartphone “yang dibuat oleh Google”. Rumor yang muncul awal tahun ini mengungkapkan bahwa Google dapat meluncurkan sebanyak tiga smartphone pada tahun ini.

Google-Pixel-2017-AOSP

Informasi baru yang telah muncul di Android Open Source Project telah mengungkapkan bahwa smartphone Google yang akan datang memiliki kode nama Walleye, Muskie dan Taimen. Walleye akan hadir untuk menggantikan Pixel XL dan Muskie akan meluncur sebagai penerus Pixel. Namun, perangkat dengan kode nama Taimen tampaknya menjadi perangkat misterius. Spekulasi mengatakan bahwa itu bisa menjadi tablet baru dengan branding Google.

Pada bulan Maret lalu, ada laporan yang mengatakan bahwa Taimen bisa menjadi perangkat yang berbeda dari Walleye dan Muskie yang mungkin berarti bahwa Taimen mungkin akan hadir sebagai ponsel Pixel non-Google.

Seperti yang kita ketahui, Google telah mengikuti pola codenaming smartphone milik mereka dengan nama-nama ikan. Taimen sendiri merupakan salmonid terbesar dunia yang menunjukkan bahwa perangkat dengan kode nama itu mungkin akan datang dengan layar yang lebih besar dibandingkan dengan smartphone Google Pixel generasi ke-2.

Informasi penting lainnya yang telah muncul melalui AOSP adalah bahwa dukungan chipset Snapdragon 835. Rumor yang muncul pada awal tahun ini menyatakan bahwa Google mungkin akan merilis smartphone edisi lebih murah dari Google Pixel 2, yang akan bernama Google Pixel 2B dan ditujukan untuk negara-negara berkembang.

Namun, Rick Osterloh yang Senior Vice President Hardware untuk Google telah mengkonfirmasi bahwa ponsel Pixel akan tetap menjadi ponsel kelas premium yang berarti tidak akan ada smartphone murah yang mengusung brand ini. Untuk informasi rilis dari perangkat ini, Google diketahui bakal tetap mengikuti siklus peluncuran tahunan, yang berarti smartphone dari Google itu akan meluncur sekitar bulan Oktober tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here