Semakin banyaknya perusahaan yang terjun ke dunia virtual reality dan robotik, membuat latah perusaahan lain untuk mengikuti jejaknya. Salah satunya perusahaan terkemuka asal Tiongkok, Xiaomi yang belakangan ini tak hanya memproduksi smartphone, tetapi juga beberapa produk lainnya.

Xiaomi-Logo

Seperti yang dilaporkan IBTimes, Kamis (21/1/2016), di tahun 2016 ini, Xiaomi akan melakukan ekspansi bisnisnya kembali, yakni merambah industri virtual reality dan robotik. CEO Xiaomi Lei Jun telah mengumumkan, bahwa perusahaan yang ia pimpin akan melakukan ekspansi bisnisnya ke ranah yang belum mereka jamah.

Jun bahkan berencana untuk membangun laboratorium untuk R&D, pasalnya perusahaan asal negeri Tirai Bambu itu telah berinvestasi di departemen bisnis baru itu, yakni G for Games. Selain itu, perangkat Lenovo K4 Note juga baru-baru ini meluncur dengan paket bundling bersama perangkat VR. Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa nantinya smartphone dari Xiaomi juga bakal datang dengan perangkat VR.

Kendati demikian, Jun tak memberikan informasi rinci tentang pembuatan perangkat VR. Seperti diketahui, awal tahun ini beberapa perusahaan di bidang teknologi telah mengeluarkan produk VR kembangan mereka. Seperti Oculus dengan Rift mereka dan HTC dengan Vive-nya yang mendukung PC gaming. Para spekulan juga berpendapat bahwa perangkat VR dari Xiaomi juga bisa mendukung PC gaming.

Xiaomi akhir-akhir ini memang diketahui melalukan ekspansi bisnisnya ke bidang lain. Hal ini ditengarai karena Xiaomi pada tahun 2015 lalu tak meluncurkan smartphone flagship mereka, hal itu lah yang membuat pemasukan perusahaan menurun. Karena saat ini pemasukan perusahaan sebagian besar berasal dari penjualan smartphone dan tablet.

Baca juga : Lebarkan Sayap Bisnisnya, Xiaomi Bakal Terjun ke Industri Hiburan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here