Lenovo saat ini tengah sibuk mempersiapkan peluncursan smartphone terbarunya, yakni Lenovo K8 Note yang akan meluncur di India dalam 5 hari mendatang. Baru-baru ini beredar kabar mengenai perubahan strategi Lenovo, yang tak lagi menggunakan Vibe Pure UI untuk smartphone Lenovo di masa depan. Dengan begitu, Lenovo K8 Note akan menjadi smartphone pertama tanpa Vibe Pure UI, dan akan menggunakan UI Stock Android sebagai gantinya.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh kepala pemasaran produk Lenovo, Anuj Sharma. Menurutnya, langkah yang diambil perusahaan ini dikarenakan permintaan dari para pelanggan yang menginginkan UI Stock Android. Tentu langkah tersebut diambil oleh perusahaan agar tetap sejalan dengan penggemarnya. Meski tak gunakan Vibe Pure UI lagi, beberapa aplikasi tambahan seperti Dolby Atmos dan TheaterMax masih tetap dipertahankan

Sharma juga mengungkapkan perbedaan budaya dan karakteristik pelanggannya menjadi alasan terberat dalam mengembangkan antarmuka. Sebagai contoh, orang-orang di Tiongkok lebih menyukai OS kustom ketimbang stock Android. Sementara para pelanggan di India lebih menyukai tampilan Android polos dengan minimimalisir bloatware. Lenovo juga menyangkal bahwa langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi biaya produksi smartphone Lenovo.

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan ketika menggunakan UI Stock Android, seperti lebih cepat mendapatkan pembaruan OS Android yang lebih baru. Smartphone Lenovo dalam seri K yang meluncur di tahun 2017 akan mendapatkan Android O, meski untuk waktunya belum diketahui secara pasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here