kredit gambar: NASA

Uji emisi merupakan salah satu bentuk pengujian yang dilakukan terhadap sebuah kendaraan sebelum dipakai di tempat umum. Pengujian ini kerap dilakukan untuk kendaraan bermotor di darat. Namun kini ada pula aturan baru yang mengharuskan pesawat terbang untuk melakukan uji emisi. Dan hal ini berlaku untuk maskapai penerbangan komersial.

kredit gambar: NASA
kredit gambar: NASA

Dikutip dari Engadget, sebanyak 23 negara dunia pun telah menyetujui adanya aturan uji emisi untuk pesawat terbang. Standar ambang batas emisi pun bakal diberlakukan untuk pesawat terbang. Meskipun begitu, standar uji emisi ini tidak serta merta langsung diberlakukan.

Untuk sebuah pesawat baru, guideline terkait standar batas ambang emisi bakal berlaku pada tahun 2020. Sementara itu untuk pesawat yang kini sudah ada masih diperbolehkan beroperasi seperti biasa. Dan pada tahun 2028, semua pesawat yang lalu lalang di udara harus sepenuhnya memenuhi aturan baru ini.

Aturan ini dibuat untuk mengurangi tingkat polusi udara oleh pesawat terbang. Dengan adanya aturan uji emisi untuk pesawat ini, polusi udara bakal berkurang drastis. Diperkirakan dalam rentang antara tahun 2020 hingga 2040, akan terjadi penurunan polusi udara sebanyak 650 juta ton CO2. Jumlah ini pun setara dengan emisi 140 juta pesawat dalam satu tahun.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here