buat-konsol-dari-raspberry-pi

Beberapa waktu lalu, NES Classic yang dijual kembali oleh Nintendo mendapat umpan balik dari penggemar hingga laris manis bak kacang rebus. Sayangnya, belum sempat booming lagi di Indonesia, Nintendo sudah keburu menghentikan produksi konsol game legendaris ini.

Tapi bila kamu masih ingin nostalgia dengan game-game NES lewat konsol, masih ada satu cara yang bisa dilakukan. Yaitu, lewat Raspberry Pi 3!

Salah satu video dari Digital Trends ini memberikan tutorial bagaimana mengubah Raspberry Pi 3 model B menjadi konsol NES. Silahkan disimak:

Dengan bantuan software RetroPie 4 dari organisasi RetroPie, kita bisa menyulapnya menjadi konsol game dengan mudah. Bahkan bukan hanya NES klasik saja, kita bisa memainkan game Atari, Sega, GameBoy, bahkan NES 64 dan Play Station X loh! Kita tinggal mendownload game-game tersebut dari tempat-tempat penyedia ROM game seperti FreeROMs atau Emuparadise.

Bagaimana? Mau mencoba proyek DIY (do it yourself) ini di rumah untuk bernostalgia?

Kamu bisa membeli Raspberry Pie 3 di beberapa distributor di toko online Indonesia dengan harga di kisaran Rp. 500ribuan. Bila tak punya chasing 3D printer pun, beberapa toko online menyediakan dengan harga di kisaran 100ribu rupiah. Selamat bernostalgia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here