Terobosan Samsung dengan processor 8 core terbarunya, ternyata telah memotivasi pembuat ponsel asal Cina, Huawei, untuk menjajaki pengembangan processor 8 core terbarunya yang berbasis pada arsitektur ARM Cortex A15 dalam waktu dekat ini.

Terkait bakal digunakannya desain arsitektur terbaru untuk processor ARM Cortex-A15, sejauh ini tampaknya masih belum jelas apakah akan menggabungkan processor 4 core Cortex-A15 daya tinggi dengan 4 core Cortex-A7 daya rendah seperti yang dilakukan oleh Samsung atau tidak.

Namun seandainya arsitektur Huawei tetap menggunakan ARM Cortex-A15 core, masalahnya apakah baterai yang digunakan sebagai sumber listrik pada perangkat yang ada bakal memiliki daya tahan yang lama atau tidak. Dan perlu diketahui, selama ini Huawei sangat konsen untuk melahirkan perangkat-perangkat yang memiliki daya tahan pengoperasian yang lama.

Tetapi dengan platform seperti gabungan big.LITTLE Samsung, kabarnya semua itu dapat diminimalisasikan. Processor 4 Core ARM Cortex-A15 tersebut akan bekerja untuk proses yang membutuhkan kinerja tinggi. Sedangkan untuk tugas yang ringan, processor 4 Core ARM Cortex-A7 dapat bekerja untuk mengurangi konsumsi energi.

Sejauh ini pihak Huawei belum mau mengungkapkan nama model yang akan disematkan pada processor terbarunya tersebut. Namun begitu, Engadget bahkan pernah berspekulasi kalau “K3V3” lah nama model yang bakal digunakan oleh Huawei.

Processor 8 core terbaru besutan Huawei ini, diperkirakan akan segera dipasarkan pada paruh kedua tahun 2013 ini juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here