You are currently viewing Tak Memenuhi Standar, Microsoft Berangus 100 Ribu Aplikasi dari Windows Store

Microsoft dikabarkan tengah melakukan bersih-bersih terhadap produk layanannya. Kali ini, yang menjadi target adalah Windows Store. Sebanyak 100 ribu aplikasi kabarnya telah dihapuskan keberadaannya oleh Microsoft dari Windows Store. Alasan utama penghapusan aplikasi tersebut adalah karena developer aplikasi tidak mencantumkan rating umur pengguna.

windows-store

Microsoft sebelumnya telah mewanti-wanti kepada para developer untuk mencantumkan informasi terkait rating umur untuk aplikasinya. Mereka memberikan batas waktu pencantuman rating umur itu hingga tanggal 30 September kemarin. Namun, pada kenyataannya banyak developer yang tidak memenuhi permintaan Microsoft ini.

Dalam emailnya kepada para developer, Microsoft mengatakan kalau pencantuman rating usia ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna Windows Store. Dalam email tersebut, Microsoft menuliskan, kalau banyak developer yang masih tidak mematuhi aturan tersebut. Dan, hasilnya pun bisa dilihat saat ini.

Menurut laporan dari WBI, sebanyak 100 ribu aplikasi telah dihapus oleh Microsoft karena alasan tidak adanya pencantuman rating umur. Saat ini, tercatat sekitar 239 ribu aplikasi bisa dijumpai di Windows Store. Angka itu mengalami penurunan secara drastis dibandingkan jumlah aplikasi pada bulan September yang mencapai angka 329 ribu.

Pihak Microsoft belum memberi konfirmasi terkait kebenaran kabar yang satu ini. Jadi, jumlah aplikasi yang telah dihapus belum diketahui secara pasti. Namun, yang bisa dipastikan adalah, saat ini Microsoft benar-benar membutuhkan keberadaan aplikasi yang berkualitas untuk toko aplikasinya. Kesempatan besar untuk para developer aplikasi. Tertarik?

(BHK)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply