Salah satu hal besar yang dimiliki oleh smartphone terbaru dari Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge adalah sensor kamera 12MP yang memiliki 12 juta agent phase detection. Kamera milik kedua smartphone tersebut disebut-sebut paling mumpuni saat ini, meski resolusi yang menjadi 12MP dari sebelumnya 16MP pada Galaxy S6.

12-megapixel-image-sensor_main

Sensor yang digunakan di smartphone itu sejauh ini dikenal sebagai Sony IMX260, tapi tampaknya Samsung memiliki imager sendiri yang diproduksi dengan kemampuan yang sama dengan sensor yang digunakan oleh Galaxy S7. Samsung sendiri telah mengumumkannya hari ini, di mana sangat banyak sekali kemiripannya dengan sensor kamera buatan Sony, seperti 12MP, dual-piksel untuk PDAF, ukuran 1,4 mikron pixel, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, ditambah dengan teknologi ISOCELL, yaitu merupakan singkatan dari piksel individu yang terisolasi untuk membantu mengurangi warna cross talk. Pada siaran pers, tidak dikatakan jika sensor tersebut bakal disematkan pada Galaxy S7 maupun S7 Edge. Namun sensor tersebut sudah mulai diproduksi dan kemungkinan besar bakal disematkan pada Galaxy S7 dan S7 Edge.

Samsung sendiri selama ini diketahui sering memasok komponen kamera untuk perangkat flagship-nya dari Sony dan menggunakan miliknya sendiri secara paralel, Samsung Galaxy S6 sendiri salah satu contohnya. Jika memang Samsung bakal menggunakan sensor kamera buatannya sendiri, hal itu akan menghemat biaya untuk Galaxy S7 dan S7 Edge karena tidak perlu lagi memasoknya dari Sony.

Namun yang masih menjadi kekhawatiran, apakah sensor buatan Samsung tersebut mampu menandingi sensor milik Sony yang telah diakui kualitasnya? Kita nantikan kabar selanjutnya untuk sensor kamera terbaru dari Samsung ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here