Tata nampaknya tak puas dengan inovasi terakhir mereka. Setelah berhasil membuat mobil termurah seharga $2500 (kurang lebih sekitar 21 juta rupiah), Tata Corp berambisi untuk membangun rumah termurah di dunia. Dengan adanya rumah termurah sedunia di India, mereka berharap dapat sedikit mengurangi permasalahan sosial di tanah kelahiran Mahatma Gandhi tersebut.

Mereka berencana membuat rumah seluas 20 meter persegi. Diperkirakan dana yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rumah sekitarĀ  32,000 rupee atau sekitar Rp 6 juta rupiah.

Mereka berjanji, rumah termurah sedunia tersebut dapat diselesaikan dalam seminggu. Skema pembangunan rumah ini mengadopsi skema penampungan rehabilitasi Indira Awaas Yojana. Dengan skema ini, rumah tersebut menghabiskan biaya 40,000 rupee (Rp 7,5 juta ) untuk satu rumah. Tata bertujuan membangun rumah ini untuk mereka yang berada di bawah garis kemiskinan, seperti buruh harian lepas, dan para pensiunan.

Mereka berharap pembangunan rumah ini dapat berdampak besar terhadap kehidupan rakyat di India. India adalah negara dengan penduduk terbesar kedua di dunia setelah Cina dengan jumlah penduduk mencapai 1.21 miliar orang. Para pengamat memperkirakan, dengan laju pertambahan penduduk yang sangat tinggi, jumlah penduduk di India akan melampau Cina, yang saat ini penduduknya berjumlah 1.34 miliar orang, pada tahun 2030.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here