You are currently viewing “Tato” Akan Gantikan Termometer, Mouse, dan Alat Pembayaran di Masa Depan!
tato-untuk-termometer-elektronik
Tech Tats sebagai termometer dari Chaotic Moon

Bila kita mendengar tato, pasti yang pertama terbayang adalah gambar mengerikan yang berada di tubuh orang bertampang sangar!

Tetapi di era teknologi seperti sekarang, tato akan mempunyai arti berbeda, lebih fungsional, dan punya nilai guna di masa depan. Tanpa mengurangi nilai seni dan estetika dari tato itu sendiri tentunya.

Sudah ada penelitian dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Microsoft Research bernama DuoSkin. Baru-baru ini pun ada studio teknologi bernama Chaotic Moon yang memperkenalkan tato Tech Tats dari tinta konduktif untuk membuat sebuah “perangkat elektronik” menempel di tubuh kita.

tato-touchscreen-swipe
DuoSkin sebagai input swipe di smartphone oleh MIT dan Microsoft Research

Perangkat elektronik tersebut bisa menjadi apa saja. Menganalisis kesehatan sebagai termometer, sebagai trackpad atau mouse, untuk berkomunikasi lewat NFC sebagai alat pembayaran, atau hanya untuk perhiasan “blink-blink” dengan lampu LED.

Bila sahabat tipe orang yang takut ditato, tenang saja sebab kedua tato ini bukanlah tato permanen. Hanya tato temporer yang mempunyai kemampuan menghantarkan listrik. Perbedaan tato milik Chaotic Moon dengan milik Microsoft bersama MIT adalah bahan yang digunakan. Tech Tats menggunakan tinta konduktif, sedangkan Microsoft bersama MIT menggunakan sirkuit yang berwarna emas atau perak.

Tato untuk mouse
DuoSkin sebagai Mouse di PC oleh MIT dan Microsoft Research

Berikut ini video dari Chaotic Moon tentang percobaan mereka menggunakan Tech Tats:

https://www.youtube.com/watch?v=9iFuTaqD4fM

Alhasil, masa depan tato sebentar lagi akan mulai berubah menjadi karya teknologi. Bayangkan saja, kita tidak perlu repot-repot lagi mengenakan perangkat warable untuk kesehatan karena sudah menempel di badan, kita tidak perlu repot mengeluarkan dompet ketika ingin membayar tagihan, tinggal mengacungkan tato di badan. Sungguh praktis dan menyenangkan!

Orang-orang di masa depan yang mengenakan tato ini pun tidak akan terlihat menyeramkan. Yah, paling-paling hanya terlihat seperti Cyborg atau Terminator….

Aziz Rahardyan

Tech Enthusiast | Evertonian | Pengikut Aliran Nokianisme dan Microsoftisme | Mengabdikan dirinya untuk membagikan kata-kata.

Leave a Reply