Teknologi baterai yang berkembang saat ini memang semakin canggih. Bahkan sebuah tato pun kini bisa dimanfaatan menjadi sebuah baterai. Hal inilah yang dilakukan oleh American Chemical Society yang baru saja mengembangkan sebuah baterai berbentuk tato.

Tato tersebut merupakan sebuah tato temporer. Tato ini bisa digunakan untuk memonitoring kegiatan pemiliknya pada saat berolahraga. Sebagai tambahan, tato ini juga bisa berfungsi menjadi sebuah baterai.

baterai tato

Untuk bisa berfungsi sebagai sebuah baterai, tato tersebut memanfaatkan keringat sebagai sumber tenaganya. Dengan begitu, semakin banyak keringat yang dikeluarkan oleh pemilik tato, maka semakin banyak pula cadangan tenaga yang bisa disimpan dalam tato baterai tersebut.

Tato ini pun sudah mengalami proses pengujian. Total terdapat 15 orang relawan yang turut menguji coba baterai tato tersebut. Para relawan tersebut menyematkan tato pada bagian lengan atasnya dan melakukan olahraga dengan memakai sepeda stasioner. Sayangnya, jumlah power yang dihasilkan masih sangat sedikit, yakni hanya 70 mikrowatt per sentimeter persegi. Namun dengan proses pengembangan, jumlah power yang dihasilkan pun bisa semakin tinggi.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here