Wearable yang dapat memantau tingkat kebugaran seseorang kini semakin beragam saja, tidak hanya sebatas perangkat seperti gelang pintar atau jam tangan pintar, bahkan kini berbentuk tato yang dipasangkan ke tubuh manusia.

Tato biometrik ini bisa pantau tingkat kebugaran pemakainya (Kredit: YouTube)
Tato biometrik ini bisa pantau tingkat kebugaran pemakainya (Kredit: YouTube)

Sebuah perusahaan bernama Chaotic Moon Studios yang berbasis di Austin, Texas, Amerika Serikat menciptakan sebuah teknologi baru yang bernama Tech Tats teknologi baru ini menggambungkan antara sensor dengan cat konduktif untuk membuat sebuah tato biometrik.

tato_bio

Cara implementasi tato ini tidak seperti tato lain yang ditanam di tubuh manusia alias implan, tato ini bisa dilepas dan dipasang sesuai keinginan. Kendati demikian, jangan berharap jika desain tato ini seperti tato konvensional seperti tribal atau flame, desain tato ini berbentuk seperti sirkuit elektro yang mampu memantau tingkat kebugaran sang pemakai.

Para pengembang tato biometrik ini merancangnya agar dapat membaca detak jantung serta mengetahui suhu tubuh manusia. Semua data akan terseimpan dan dapat diakses melalui smartphone dengan menginstall aplikasi Tech Tats terlebih dahulu.

Dengan telah dibenamkannya sebuah ATtiny85 microcontroller dan lampu LED yang dipasang pada jalur tinta elektrokonduktif, Tech Tats dapat mengetahui tingkat stres pengguna, memaintau suhu tubuh, tekanan darah, hingga detak jantung pengguna. Ya, sepintas fungsi tato biometrik ini hampir sama dengan fitness tracker milik FitBit atau Apple Watch milik Apple.

tato-chaotic-moon-labs

Pimpinan perusahaan, Ben Lamm mengatakan bahwa tato tersebut dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti cocok untuk para orangtua yang ingin memantau lokasi tempat anak mereka berada atau dapat digunakan pada bidang militer untuk memantau lokasi dan kesehatan tentaranya.

Namun hebatnya selain utk memantau kondisi tubuh, chip pada tato ini juga dapat menyimpan informasi ID/identitas maupun data perbankan penggunanya sehingga bisa digunakan untuk pembayaran seperti halnya Apple Pay.

Sama seperti kebanyakan ide high-tech lainnya, Tech Tats ini juga masih dalam bentuk prototipe dan masih terus diteliti dan dikembangkan kembali oleh tim Chaotic Moon Studios.

(rez)

Baca Juga : Chip Impan Seukuran Butir Beras Ini Bisa Gantikan Fungsi Kartu Nama dan PIN Rekening Bank 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here