Siapa yang tak tahu Bluetooth? Pasti kita semua tahu bukan Bluetooth ini adalah koneksi nirkabel yang tersedia pada berbagai perangkat, khususnya smartphone. Teknologi yang sudah diperkenalkan sebelum tahun 2000 ini hingga sekarang masih dimanfaatkan oleh berbagai pengguna, misal saja berkirim data seperti foto atau musik, ke sesama perangkat smartphone atau perangkat yang lain.

bt-smart

Kini bagi Anda yang biasa memanfaatkan transfer data melalui Bluetooth, nampaknya harus bangga. Karena pada tahun 2016 mendatang, Bluetooth akan diperbarui secara besar-besaran. Sesuai yang diberitakan oleh BGR, Jumat (13/11/2015), pada hari Rabu lalu, sebuah asosiasi yang menangani standar kelayakan koneksi nirkabel ini, Bluetooth Special Interest Group (SIG), menyatakan bahwa pada 2016 mendatang Bluetooth akan dimutakhirkan dengan berbagai fitur baru.

Toby Nixon selaku ketua dari dewan direktur Bluetooth SIG mengungkapkan bahwa dengan adanya Internet of Things, maka mereka ingin mengembangkan fitur-fitur pada Bluetooth, yang sebelumnya tidak pernah ada. Dia juga menambahkan bahwa akhir-akhir ini banyak permintaan dari Industri skala besar, yang ingin teknologi pada Bluetooth ini ditingkatkan.

Yang menjadi perhatian pada pemutakhiran komunikasi nirkabel melalui Bluetooth adalah, penambahan jangkauan dan kecepatannya. Toby menyatakan bahwa pada tahun 2016 mendatang, jangkauan dari Bluetooth yang terbaru akan mencapai 4x lebih luas. Selain itu dia juga menambahkan lagi bahwa kecepatan pada Bluetooth pada tahun depan ini akan meningkat hingga 100%.

Dengan pembaruan yang besar-besaran, Toby berharap pada nantinya tidak hanya WiFi saja yang dapat menghubungkan berbagai perangkat menjadi satu kesatuan, namun Bluetooth juga memiliki kemampuan yang sama, sehingga dapat menghubungkan berbagai jaringan, baik rumah, sekolah, kantor ataupun perusahaan. Terlebih pada era Internet of Things (IoT) yang tidak akan lama mulai gencar di berbagai belahan dunia.

(ND/BGR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here