Teknologi pengenalan wajah sejatinya bisa bekerja dan mengenali sebuah seseorang dengan melihat wajah dari objek. Namun bagaimana kalau pengenalan bisa dilakukan meski tanpa harus melihat wajah dari objek? Teknologi pengenalan wajah milik Facebook ternyata mempunyai kemampuan seperti ini.
zuckerberg facebook
Jejaring sosial terbesar dunia itupun kini memungkinkan para penggunanya untuk men-tag teman secara otomatis dalam sebuah foto. Pihak Facebook mengatakan kalau teknologi pengenalan wajah yang mereka miliki sudah sangat canggih. Bahkan memungkinkan pengenalan wajah tanpa harus melihat wajah untuk bisa mengenali wajah seseorang.

Untuk bisa melakukan pengenalan tanpa harus melihat wajah, teknologi Facebook menggunakan faktor lainnya. Faktor lain yang dimaksud adalah baju yang dipakai, pose, rambut dan bahkan postur tubuh. Tim Computer Vision and Pattern Recognition Facebook Yann LeCun mengatakan kalau pengenalan sebuah objek bisa dilakukan dengan berbagai hal. Termasuk ketika melihat seseorang dari belakang.

Namun teknologi pengenalan wajah milik Facebook ini masih dalam tahap pengembangan. Dalam pengujian memakai 40 ribu gambar yang diambil dari Flickr, prosentase keberhasilannya mencapai 86 persen.

via Newscientist

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here