Ilustrasi (Kredit: cultofmac)

Meski meluncurnya iPhone 7 masih terbilang lama, namun bocoran tentang fitur-fiturnya sudah muncul jauh-jauh hari. Sebelumnya iPhone 7 pernah diisukan akan dilengkapi dengan teknologi wireless charging seperti flagship Galaxy S6. Namun rumor terakhir menyebutkan bahwa Apple akan membekali iPhone terbarunya itu dengan pengisian daya nirkabel dan didukung teknologi yang jauh lebih canggih.

Ilustrasi (Kredit: cultofmac)
Ilustrasi (Kredit: cultofmac)

Jika wireless charging konvensional yang ada pada smartphone saat ini mengharuskan menempelkan smartphone pada docking charger untuk mengsisi daya, pada teknologi wireless charging iPhone 7 dikatakan bisa mengisi daya ponsel dari jarak jauh.

Dengan kata lain, ketika hendak mengisi ulang daya ponsel, kita tidak perlu menempelkan ponsel ke docking charger. Teknologi tersebut kini kabarnya tengah dikembangkan oleh Apple dengan menggandeng perusahaan dari Asia sebagai partner untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Kendati demikian, hingga saat ini belum dijelaskan lebih lanjut bagaimana cara kerja teknologi wireless charging yang terdapat pada iPhone 7 itu. Selain itu,  belum ada keputusan resmi apakah teknologi ini bakal disematkan pada iPhone 7. Ponsel tersebut diharapkan bakal muncul pada bulan September mendatang, sesuai siklus peluncuran produk baru Apple.

Sebelumnya Apple juga pernah mendaftarkan paten tentang teknologi yang sedang mereka kembangkan pada tahun 2012 lalu. Teknologi tersebut menggunakan near-field magnetic resonance (NFMR) yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai dari jarak 1 meter.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here