Terlalu Lama Facebookan Bisa Berdampak Pada Gangguan Emosional

Terlalu Lama Facebookan Bisa Berdampak Pada Gangguan Emosional

Bagi Anda yang doyan berada di depan layar Facebook selama berjam-jam, mungkin perlu mengetahui hasil penelitian pada jurnal Cyberpsychology, Behaviour, and Social Networking. Menurut hasil penelitian yang mengikutsertakan sebanyak 1.300 orang responden tersebut, terlalu lama berselancar di dunia Facebook rentan mengalami gangguan emosional.

dampak-buruk-facebook

Kondisi tersebut pun bisa berdampak beberapa hal. Pertama, seseorang akan mudah merasa tidak puas dengan kondisi yang sehari-hari dihadapinya. Terutama karena dia sering melihat hal-hal yang berbeda 180 derajat dengan lingkungannya. Selanjutnya, para peneliti juga mengungkapkan kalau seseorang yang berlebihan dalam menggunakan Facebook cenderung memiliki perasaan negatif saat menengok update status ataupun foto-foto terbaru di jejaring sosial tersebut.

Dari studi ini, para peneliti pun memiliki beberapa hasil analisis. Mereka mengungkapkan, kecemburuan yang akut menjadi penyebab adanya gangguan emosional yang muncul kepada para pengguna Facebook. Terlebih setelah melihat adanya foto-foto yang terlihat bahagia.

Lalu, bagaimana solusinya? Ada dua hal yang bisa dilakukan kalau Anda adalah orang yang termasuk dalam kategori ini. Pertama, Anda bisa melakukan komunikasi secara lebih aktif dengan para sesama pengguna Facebook. Komunikasi bisa dilakukan dengan menulis komentar atau chatting.

Opsi kedua, peneliti menyarankan agar seseorang berhenti menggunakan Facebook secara penuh. Langkah ini bisa dilakukan sebagai proses detoks terhadap racun-racun yang tersebar di dunia maya. Terlebih, dampaknya cukup berbahaya. Dan, hal ini pun secara langsung dilakukan oleh salah satu peneliti yang turut serta dalam penelitian. Hasilnya, dia mengaku lebih bahagia dan tenang.

(BHK)

NO COMMENTS

Leave a Reply