Setelah membuat kontroversi dengan smartphone termurah di dunia, manufaktur asal India, Ringing Bell kini malah menuai masalah dengan peluncuran smartphone tersebut. Ya, smartphone Freedom 251 merupakan smartphone termurah di dunia dengan harga USD4 atau sekitar Rp54 ribu.

Freedom 251

Seperti yang dilaporkan Oddity Central, Minggu (28/2/2016), smartphone ini dibekali dengan spesifikasi yang cukup menggiurkan untuk harga semurah itu, yakni penyimpanan internal 8 GB, kamera depan dan belakang 3,2 MP, layar sentuh 5 inci, dan dukungan 3G. Namun masalahnya, smartphone tersebut terlalu mirip dengan iPhone 4 milik Apple.

Hal ini mencuat ketika outlet media India, Hindustan Times (HT), mengatakan jika smartphone kontroversial tersebut terlalu menjiplak Apple. Mereka berkesempatan untuk memegang smartphone tersebut terlebih dahulu sebelum diluncurkan di pasaran. Namun anehnya, smartphone yang mereka terima nampak tidak seperti Freedom 251 yang tertera di website, justru terlihat mirip sekali dengan iPhone 4, termasuk tombol home bulat.

Ringin Bell Freedom 251

Selain itu, ikon yang nampak juga seperti menjiplak iOS. Bahkan browser yang terdapat pada smartphone tersebut merupakan kembaran dari browser Safari yang hanya terdapat pada perangkat iPhone dan iPad. Menanggapi hal tersebut, pihak Ringing Bell kemudian memberikan klarifikasi bahwa smartphone tersebut masih berupa prototipe.

Harga miring yang dibanderol smartphone tersebut juga disebut-sebut karena pemerintah India memberikan subsidi pada pembuatan Freedom 251, namun hal tersebut juga segera ditampik. Perusahaan menjelaskan jika harga murah Freedom 251 didapat karena mereka memasarkan perangkat itu melalui online.

Selain itu, perusahaan juga merakit smartphone di India, meski sebagian besar komponen masih diimpor dari Taiwan. Oleh karenanya, perusahaan mendapatkan potongan 20 hingga 30 persen dari pemerintah negeri Taj Mahal itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here