You are currently viewing Ternyata Buah Pisang Ini Bisa Hasilkan Password WiFi
(Kredit: Geek)

Ternyata Buah Pisang Ini Bisa Hasilkan Password WiFi

Saat kita berada di sebuah kafe atau di rumah seseorang, salah satu hal yang sering ditanyakan adalah password untuk mengkases jaringan WiFi. Hanya untuk meminta password WiFi saja terkadang menjadi panjang dan rumit. Bahkan beberapa tempat yang sering berurusan dengan hal ini menyediakan password di selembar kertas. Namun ternyata ada cara unik untuk menghasilkan password dengan cara lebih mudah.

(Kredit: Geek)
(Kredit: Geek)

Ya, seorang pengguna Reddit, Sysvival telah menemukan sebuah cara yang unik untuk menghasilkan password dari buah pisang. Seperti yang diketahui, buah pisang merupakan sumber kalium yang sangat baik, ternyata buah berwarna kuning ini sangat baik untuk kredensial jaringan nirkabel.

Seperti pada foto yang Anda lihat di atas, penemuan Sysvival pada dasarnya adalah sebuah pisang yang bila ditekan, akan menghasilkan password WiFi yang akan ditampilkan pada layar di atasnya. Menurut keterangan, dia awalnya bertugas dengan membagikan spreadsheet, tapi rupanya spreadsheet dirasa tidak efisien, hal itulah yang mengarahkan ke penemuan ini.

“Saya bertugas menyiapkan captive portal, dan menciptakan 8 jam voucher dalam spreadsheet. Saya tidak suka melakukan spreadsheet, jadi saya menempatkan voucher di Raspberry PI, dan memasangnya ke pisang. Ketika Anda menyentuh pisang, Anda mendapatkan 8 jam voucher untuk wifi tamu.” ungkap Sysvival dalam keterangannya, seperti yang dilaporkan Ubergizmo, Selasa (26/1/2016).

“PI memiliki 5000, 8 jam voucher. Kami buka ~ 200 hari setahun. Jika kita memiliki 10 tamu sehari, maka ini akan bekerja tanpa pengawasan selama beberapa tahun dengan mudah. Tidak ada lagi pencetakan voucher lagi dan tidak ada yang mengganggu resepsionis.” tambahnya.

Cara kerja penemuan tersebut cukup mudah, Anda hanya perlu menekan buah pisang yang sudah disediakan dan layar Raspberyy PI akan menampilkan voucher password WiFi yang berlaku selama 8 jam. Ketika kontak langsung terjadi dengan pisang, maka kapasitansi pisang turun. Kemudian Raspberry PI menafsirkan bahwa penurunan sebagai menekan sebuah tombol dan mengirimkan sinyal ke Pi bahwa perlu untuk membagikan voucher password WiFi.

Hal ini dirasa lebih menarik ketimbang harus menyediakan password pada speadsheet. Selain itu, dia juga penasaran ekspresi para pengunjung ketika buah pisang tersebut mulai dikerubungi Drosophila melanogaster (lalat buah).

Penemuan ini merupakan hal baru yang cukup imajinatif, namun tentu saja penemuan tersebut membutuhkan pengembangan karena buah pisang yang mudah sekali busuk.

(rez)

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply