Teknologi pengenalan wajah telah diperkenalkan untuk perangkat Android, namun dengan cepat ditemukan trik untuk mengelabuhi teknologi tersebut dengan menggunakan foto dari pemilik perangkat yang wajahnya sudah direkam sebelumnya. Smartphone Galaxy S8 dan S8 Plus hadir degan fitur pemindaian wajah, namun apakah Samsung telah memperbaiki bug teknologi tersebut?

Sayangnya, raksasa Korea Selatan tersebut tampaknya belum memperbaiki masalah utama pada teknologi pengenalan wajah. Hal ini dikatakan oleh Marcianotech melalui live streaming, dimana mereka benar-benar dapat melewati sistem facial unlocking pada Samsung Galaxy S8 menggunakan sebuah foto yang mereka ambil sebelumnya.

Untuk sekarang ini, belum jelas bagaimana trik tersebut dapat bekerja, karena foto tersebut diambil dengan cara-cara tertentu. Mungkin saja trik pengambilan gambar dilakukan dari jarak tertentu atau memang teknologi pengenalan wajah pada Galaxy S8 masih rapuh.

Samsung belum berkomentar mengenai hal ini sehingga  belum dapat dipastikan apakah bug ini berasal dari software yang tengah dikerjakan Samsung, dimana bug tersebut harus bisa diatasi menjelang perilisan perangkat. Meskipun kabar ini tidak mengenakan bagi calon pengguna Samsung Galaxy S8, namun sebelumnya telah dilakukan hal serupa, yakni mengelabuhi sistem dengan foto namun itu tidak dapat bekerja.

Kendati demikian, Samsung Galaxy S8 merupakan smartphone high-end yang hadir dengan sistem keamanan lain, seperti pemindai iris mata dan pemindaian sidik jari, jadi Anda masih memiliki pilihan jika tidak ingin menggunakan sistem pengenalan wajah untuk membuka kunci smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here