Perangkat virtual reality atau biasa disebut VR memang sedang ramai diperbincangkan karena perkembangannya yang terus menerus menarik perhatian. Ada beberapa merek yang sudah memperkenalkan produk VR ini, seperti Oculus Gear, bahkan perusahaan besar smartphone Samsung juga memproduksi perangkat VR ini dengan nama Samsung Gear VR.

Untuk dapat mencicipi game pada VR ini kebanyakan adalah game yang terdapat pada perangkat komputer. Namun bagi Anda yang penasaran ingin mencoba game lain, kini game dari perangkat konsol portable Sony, PSP, kabarnya juga dapat dimainkan pada perangkat VR.

ppsspp-vr-0

Dikutip dari Liliputing, Rabu (21/10/2015), developer 2EyeGuy adalah dibalik semua ini, yang mengembangkan program emulator bernama PPSSPP VR. Nama PPSSPP sendiri sudah dikenal banyak gamer, yang merupakan program emulator untuk menjalankan game PSP di perangkat komputer dan juga di smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS.

Dengan memasang PPSSPP VR ini, kita bisa menikmati game PSP dengan tampilan ala VR yang biasa kita lihat. Tidak hanya itu, kualitas grafis dari game PSP tersebut juga dirender karena resolusi yang digunakan pada perangkat VR ini juga tinggi. Serta penambahan stereoscopic 3 dimensi dan head tracking, yang memungkinkan kita untuk mengeksplor lebih pada dunia game tersebut dengan cara menggerakan kepala.

Pada saat diuji, PPSSPP VR ini mencoba menjalankan game Final Fantasy VII: Crisis Core. Ditampilkan pada video percobaan yang diunggah oleh sang developer menunjukan bahwa game tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Karena masih dalam tahap pengujian, PPSSPP VR ini belum mampu menjalankan semua game PSP dengan baik. Namun jika dilirik dari sejarah sang developer sendiri yang juga mengembangkan emulator Nintendo GameCube dan Wii, Dolphin VR, maka bisa dipastikan dukungan untuk program PPSSPP VR ini akan terus digarap agar dapat memainkan semua game PSP.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here