Ternyata Gelombang Suara Bisa Mengelabuhi Sensor yang Ada Pada Smartphone

Ternyata Gelombang Suara Bisa Mengelabuhi Sensor yang Ada Pada Smartphone

BeritaTeknologi.com

Bicara soal era smartphone saat ini, kita akan mendapati bahwa smartphone yang kita gunakan telah dibekali dengan berbagai macam sensor yang tidak ditemui pada ponsel fitur beberapa tahun silam. Dengan sensor yang dimiliki smartphone saat ini, perangkat dapat mengenali berbagai jenis informasi yang dapat menciptakan fungsi-fungsi baru dari aplikasi, serta jenis game baru yang menyenangkan seperti game VR.

Sound Wave

Sayangnya, meski hal tersebut memberikan dampak yang positif, tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut sama halnya dengan dua sisi koin, dimana ada juga sisi negatif dari penggunaan sensor. Menurut para peneliti di University of Michigan, mereka telah menemukan bahwa gelombang suara sebenarnya bisa digunakan untuk mengelabui dan membajak sensor di smartphone kita.

Pada dasarnya apa yang mereka lakukan adalah bahwa ketika suara dimainkan pada frekuensi tertentu, itu akan mempengaruhi struktur semi ke gerakan sensor seperti accelerometer, yang pada gilirannya akan mengelabuhi sensor sehingga ia akan berfikir bahwa ponsel bergerak.

Sejauh ini para peneliti telah menguji beberapa tipuan seperti mengendalikan aplikasi pengendali mobil, membuat sensor untuk menuliskan kata “Walnut” pada grafik, serta mengelabuhi fitness tracker Fitbit untuk menghitung langkah yang bahkan tidak pernah dilakukan. Terdengar menakutkan? Ya, para peneliti berpendapat bahwa celah ini dapat dimanfaatkan untuk membajak drone atau kendaraan yang mengandalkan sensor sebagai navigasi.

Kabar baiknnya adalah, untuk memperbaiki celah ini dikatakan bahwa biayanya relatif murah dan para peneliti telah mengulurkan tangannya untuk produsen, seperti Fitbit dan Samsung untuk memberitahu mereka tentang masalah ini. Namun apakah perusahaan-perusahaan ini akan mengambil tindakan selanjutnya atau tidak perlu kita ikuti perkembangannya.

NO COMMENTS

Leave a Reply