You are currently viewing Ternyata Google Nexus 5X dan Nexus 6P Bisa Digunakan Untuk Pengisi Daya Baterai Smartphone
Kedua smartphone Google Nexus 5P dan Google Nexus 6 (Kredit: Liliputing)

Ternyata Google Nexus 5X dan Nexus 6P Bisa Digunakan Untuk Pengisi Daya Baterai Smartphone

Mungkin Anda pernah mendengar smartphone yang dapat digunakan sebagai powerbank, namun hanya tipe tertentu, serta smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Nampaknya fitur tersebut kurang efektif karena tidak semua smartphone mendukung fitur tersebut.

Namun berbeda dengan smartphone terbaru dari Google, Nexus 5X dan Nexus 6P. Selain fitur pemindai sidik jari, kamera 12 megapiksel, dan juga sudah menggunakan sistem operasi terbaru dari Google, Android 6.0 Marshmallow, ada fitur menarik yang mungkin suatu hal baru yang mungkin belum pernah ditawarkan di smartphone lain.

Kedua smartphone Google Nexus 5P dan Google Nexus 6 (Kredit: Liliputing)
Kedua smartphone Google Nexus 5X dan Google Nexus 6P (Kredit: Liliputing)

Dikutip dari Android Police, Selasa (20/10/2015), dikatakan bahwa kedua smartphone tersebut dapat saling mengisi daya satu sama lain. Hal ini tentunya belum pernah ditemukan di perangkat smartphone atau tablet lain, karena fitur ini sama-sama menggunakan kabel USB tipe C yang disediakan pada paket penjualan.

Pada saat dicoba, ternyata keduanya dapat saling mengisi daya, apakah ingin menggunakan Google Nexus 5X sebagai sumber daya, atau menggunakan Nexus 6P untuk sumber dayanya. Mungkin bisa dibilang ini adalah salah satu fitur dari USB tipe C yang sebelumnya tidak pernah dibahas oleh para pengembang.

nexus5p-6-charge-0

Namun pada saat dicoba ke perangkat lain seperti OnePlus 2 dan Asus ZenPad S yang sama-sama mendukung port USB tipe C tersebut, fitur pengisian daya dari Google Nexus 5X dan Google Nexus 6P ini tidak dapat berjalan dengan lancar. Pada tablet Asus ZenPad S, hanya bisa mengisi daya kedua smartphone Google Nexus tersebut, sedangkan pada OnePlus 2 hanya bisa melakukan penerimaan daya, alias Google Nexus lah yang sebagai sumber dayanya. Tetapi kecepatan pengisian daya keduanya sangat lambat, bahkan lebih lambat dibandingkan dengan pengisi daya bawaan.

Mungkin ini dikarenakan software yang terpasang pada Asus ZenPad S dan OnePlus 2 belum maksimal dalam menjalankan fitur ini. Selain itu dengan adanya fitur ini diharapkan dapat menjadi standar patokan seluruh perangkat smartphone yang beredar, sehingga tidak perlu lagi untuk susah-susah mencari stop kontak lagi.

(ND/Android Police)

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply