Uji ketahanan beban pada iPhone 6s Plus (Kredit: Bgr)

Para raksasa perusahaan teknologi dunia telah meluncurkan produk smartphohone flagship mereka, tak terkecuali kedua perusahaan raksasa Samsung dan Apple. Samsung terlebih dulu telah meluncurkan Galaxy Note 5 dan kemudian disusul oleh Apple dengan meluncurkan duo jagoan barunya, yakni iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Lalu bagaimana jika ketiga smartphone ini dijika disiksa, mana yang lebih kuat?

Uji ketahanan beban pada iPhone 6s Plus (Kredit: Bgr)
Uji ketahanan beban pada iPhone 6s Plus (Kredit: Bgr)

Serangkaian tes untuk menguji ketangguhan dan kekuatan ketiga smartphone ini telah dilakukan oleh Square Trade. Square Trade sendiri merupakan penyedia tambahan garansi untuk smartphone. Pada hasil tes yang mereka lakukan, ternyata iPhone terbaru milik Apple ini merupakan produk mereka yang paling tangguh.

Square Trade melalukan bermacam-macam tes untuk mengetahui ketahanan dari smartphone tersebut, dan setiap tes memiliki skor tersendiri. Tes tersebut antara lain tes ketahanan dalam air, dijatuhkan dari ketinggian, kekuatan menahan beban dan lain-lain. Pada tes ketahan air, ketiga smartphone ini ternyata sanggup bertahan ketika dimasukan kedalam air selama 60 menit tanpa mengalami kerusakan, meski ketiga smartphone ini tidak memiliki sertifikat ketahanan terhadap air, seperti yang dilansir Berita Teknologi  dari Phone Arena, Rabu (29/9/2015)..

Selanjutnya pada drop test atau pengujian smartphone ini jika dijatuhkan, Galaxy note 5 lebih rentan rusak jika dibandingkan dengan kedua iPhone jika dijatuhkan tepat pada permukaan layar, dan iPhone 6s Plus memiliki skor yang paling buruk pada tes corner drop atau dijatuhkan tepat pada sisi atau ujung bodi smartphone.

Berbeda dari seri iPhone sebeleumnya yang mudah sekali melengkung, duo iPhone terbaru ini telah memperbaiki kelemahan itu dengan mengusung bodi berbahan lebih kuat. Alhasil, kedua iPhone tersebut memiliki skor yang baik dalam uji ketahanan beban jika dibandingkan dengan Galaxy Note 5 dengan iPhone 6s yang paling terkuat dari ketiganya.

Namun tak semata-mata kedua iPhone ini sanggup bertahan pada tes penyiksaan lainnya. Pada tes thermo dimana ketiga smartphone tersebut diuji pada suhu ekstrim, Galaxy Note 5 jauh lebih unggul dibandingkan dengan kedua iPhone dan iPhone 6s lah yang menjadi terlemah dalam tes ini.

Skor Square Trade
Skor Square Trade

Pada hasil akhir dari serangkaian tes yang dilakukan oleh Square Trade, iPhone 6s memiliki ketangguhan yang baik dengan menorehkan skor 4.5 sedangkan iPhone 6s Plus dan Galaxy Note 5 sama-sama menorehkan skor 5 pada serangkaian tes tersebut. Perlu diketahui, semakin kecil skor yang didapat, semakin tangguh smartphone tersebut dalam menjalani tes.

(RH/PA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here