Ketika membahas tentang perangkat iOS milik Apple, mungkin banyak yang mengira jika perangkat iOS tahan terhadap serangan hacker. Memang ada beberapa kasus dimana perangkat Android lebih tentan terhadap berbagai serangan hacker, tetapi ini tidak berarti jika perangkat iOS tahan dari semua serangan hacker. Ternyata perangkat iOS bisa diretas hanya dengan membuka sebuah file.

iphone-7-plus

Menurut laporan The Hacker News, perangkat iOS dapat dengan mudah diretas hanya dengan membuka file JPEG pada perangkat. Sama seperti serangan hacker lain, pada dasarnya hacker harus mengelabui pengguna untuk membuka file JPEG atau bahkan PDF yang bisa pengguna dapatkan melalui lampiran email atau dari sebuah situs web.

Setelah file terbuka, sang hacker dapat mengeksekusi kode berbahaya pada perangkat iOS, dimana kode tersebut akan memberikan  mereka akses dan dapat mengambil kontrol penuh atas perangkat. Ini berarti bahwa file dan informasi yang tersimpan di dalam perangkat akan dapat diakses dengan mudah oleh hacker.

Namun Anda tak perlu panik dengan hal ini, dan tidak perlu takut untuk mengunjungi situs web atau hanya sekedar membuka file PDF karena Anda bisa menghindari ancaman tersebut. Hal ini karena The Hacker News mengklaim bahwa kerentanan ini telah diperbaiki oleh Apple pada update iOS 10.1 terbaru yang telah dirilis kemarin.

Update ke iOS terbaru memperkenalkan Portrait Mode untuk iPhone 7 Plus dan juga memperbaiki kecacatan ini serta menambal kecacat keamanan lainnya yang telah ditemukan. Jadi, untuk menghindari dari serangan hacker, maka segeralah update sistem operasi perangkat iOS Anda ke versi terbaru 10.1 ASAP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here