peace-sign-foto-berbahaya

Kecanggihan teknologi telah membuat setiap gambar yang diabadikan lewat kamera menjadi semakin halus dan detail. Sayangnya hal ini justru harus lebih membuat kita berhati-hati loh!

Sebab temuan dari profesor Isao Echizen dari National Institute of Informatics (NIII), Jepang berhasil menemukan sebuah celah yang bisa saja dibuat untuk tindak kejahatan. Yaitu menemukan bahwa sidik jari yang sengaja atau tidak terpotret dalam sebuah foto seperti pose peace dan goodbye, ternyata bisa diidentifikasi dengan sangat jelas!

Semakin memiliki kamera dengan kualitas bagus, maka jangkauan jarak kejelasan sidik jari pun bisa sangat jauh. Bahkan, bisa sampai mendeteksi jari yang berjarak 3 meter dari kamera! Ini bisa saja membuat sidik jari si pengunggah dicuri dan dimanfaatkan untuk kegiatan yang ilegal.

Berikut ini merupakan video demo penjelasan bagaimana foto jari bisa didapatkan dan diperoleh dari sebuah foto sang profesor sendiri:

https://www.youtube.com/watch?v=wOHM7VIBkWM

Jadi, sebenarnya bukan hanya foto peace dan goodbye saja yang berbahaya untuk diunggah. Setiap sidik jari yang terlihat dalam foto, sebenarnya bisa dibuat untuk bahan deteksi. Hiii, seram bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here