Para vendor smartphone kini telah memerkan kehandalan dari smartphone flagship mereka. Namun banyak orang di luar sana yang tidak menggemari suatu perusahaan atau sistem operasi tertentu sebagai pilihan smartphone yang akan mereka beli. Jika Anda salah satu dari mereka, simak ulasan tentang adu kecepatan smartphone flagship dari tiga OS terkemuka.

(Kredit: YouTube)
(Kredit: YouTube)

Mengutip dari Softpedia, Senin (28/12/2015), berkat orang-orang di balik Phone Buff yang telah bekerja dengan melakukan tes adu kecepatan dalam membuka berbagai aplikasi dan game yang melibatkan tiga smartphone flagship yang mewakili platform masing-masing, yakni iPhone 6s Plus, Nexus 6P, dan Lumia 950 XL.

Seperti yang kita ketahui, sistem operasi iOS, Android, dan Windows 10 merupakan sistem operasi perangkat mobile yang paling populer saat ini, dan ketiga smartphone tersebut membawa peranan penting karena menempati posisi flagship dari masing-masing platform.

Sebelum masuk ke detail, ada baiknya mengetahui bahwa sebagian besar dari tes kecepatan ini subjektif karena bergantung besar pada optimalisasi aplikasi tester  yang digunakan. Hal ini juga tergantung pada seberapa baik software yang telah dioptimalisasikan untuk chipset, sehingga tidak selalu hardware yang disalahkan jika kinerja kurang memuaskan.

Di atas kertas, spesifikasi dari iPhone 6s Plus memang terlihat ketinggalan dari dua rivalnya. iPhone 6s Plus masih bangga dengan mengusung chipset A9 yang memiliki prosesor dual core ditambah dengan RAM sebesar 2GB dan GPU PowerVR GT7600 hexa-core.

Sedangkan dua flagship, Nexus 6P dan Lumia 950 XL sama-sama mengusung chipset Snapdragon 810 yang memiliki prosesor octa core (Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57), GPU Adreno 430 serta RAM sebesar 3GB.

(Kredit: YouTube)
(Kredit: YouTube)

Uji kecepatan terdiri dari dua lap di mana setiap smartphone harus menjalankan serangkaian aplikasi dan game seperti Temple Run 2, Angry Birds, Netflix, dan lain-lain.

Hasil pengujian cukup mengejutkan, di mana iPhone 6s Plus menyelesaikan tes kecepatan pertama kali yang disusul oleh dua smartphone lainnya Nexus 6P dan Lumia 950 XL yang menyelesaikan tes hampir satu menit dari waktu yang diselesaikan iPhone 6s Plus. Rentang waktu dari Nexus 6P dan Lumia 950 XL sendiri cukup sengit, yakni hanya berjarak 6 detik yang menempatkan Lumia 950 XL di posisi akhir.

Namun hasil dari uji benchmark ini harus lebih dipertimbankan, karena iPhone 6s Plus hanya membawa resolusi layar full HD (1080p), sedangkan dua lainnya membawa resolusi yang lebih besar, yakni Quad HD (2560 x 1440 piksel) yang tentunya lebih berat ketika membuka suatu aplikasi atau game.

Ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi hasil tes kali ini, tetapi perbedaan antara iPhone 6S Plus dan dua flagship lainnya cukup mengejutkan karena perbedaan spesifikasi hardware yang terbilang cukup jauh. Nah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak pengujian kecepatan ketiga smartphone tersebut pada video berikut ini.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here