Keberadaan perangkat scanner yang biasanya selalu ditunjang dengan keberadaan perangkat komputer berupa PC ataupun laptop, namun kini tampaknya mulai berangsung-angsur tergeserkan.

Pasalnya seperti apa yang tejadi pada perangkat scanner bermerek Thanko Super Slim Scanner A4 berikut, yang selain bersifat portabel karena praktis digunakan di mana saja dan tidak memerlukan ruang yang banyak dalam penempatannya, scanner super slim ini juga dapat melakukan fungsinya meskipun tanpa ditunjang dengan keberadaan perangkat komputer sekalipun. Ukurannya sendiri berkisar 255 x 31 x 32 mm dan bobot 195g.

Berbeda dengan model scanner super kompak sebelumnya, model scanner A4 ini ternyata telah didukung sepenuhnya oleh keberadaan fitur layar kristal cair (Liquid Crystal Display) yang membuatnya dapat memeriksa gambar yang akan atau telah discan. Pemeriksaan gambar pada ukuran penuh dapat dilakukan dengan proses perbesaran 2x, 4x dan 8x.

Resolusi maksimal scan gambar telah meningkat dari 600dpi sampai 900dpi, sedangkan kapasitas maksimum kartu microSD eksternal untuk penyimpanan data juga telah meningkat dari 16GB ke 32GB. Dan bahkan sistem yang ada kini telah mampu menyimpan file hasil scan dalam bentuk PDF ataupun JPG.

Antarmuka yang digunakannya melalui USB2.0 dan kompatibel dengan sistem operasi Mac OS x10.4 dan versi yang di atasnya/terbaru, Windows XP SP3 dan versi diatasnya/terbaru, Windows Vista dan Windows 7.

Di pasaran Jepang, harga per unit Thanko Scanner A4 ini dibanderol sekitar 7.980 JPY atau setara 826 ribuan rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here