Minggu lalu Nvidia secara resmi memperkenalkan VGA card terbaru mereka, GeForce GTX 1080 dan GTX 1070. Kita tahu bahwa VGA card ini telah menggunakan arsitektur terbaru, Pascal, yang lebih hemat daya dan pastinya lebih kencang dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Tidak berselang lama, beberapa vendor juga membuat versi Founder Edition, yang antara lain diproduksi oleh Gigabyte, Galax dan Zotac. Nah tidak ingin ketinggalan, kali ini salah satu vendor ternama juga ingin merilis GeForce GTX 1080 Founder Edition, Colorful.

colorful-gtx-1080

Seperti yang dilansir dari TechPowerUp, Minggu (15/5/2016), disebutkan bahwa pabrikan asal Tiongkok ini bakal menghadirkan VGA card papan atas tersebut dalam waktu dekat. Seperti Founder Edition dari vendor lain, pada buatan Colorful ini juga tidak akan jauh berbeda mengenai spesifikasinya.

Colorful GeForce GTX 1080 ini menggunakan fabrikasi 16nm FinFET, yang berbasiskan chipset GPU GP104. Dengan berbekal 2560 CUDA core, VGA card ini memiliki base clock sebesar 1607MHz yang mampu ditingkatkan hingga 1733MHz.

Seperti informasi sebelumnya, GeForce GTX 1080 ini bakal melibas semua VGA card papan atas saat ini, termasuk GeForce Titan X karena menggunakan memori jenis GDDR5X dengan kapasitas 8GB. Sehingga dengan begini VGA card ini mampui menghasilkan clock rate 10GHz dengan memori bus 256 bit.

Kabarnya Colorful GeForce GTX 1080 ini bakal dirilis tepat pada tanggal 27 Mei mendatang, sama dengan perilisan dari Nvidia yang diikuti dengan merek lainnya.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here