Sejauh ini, kita sudah terbiasa dengan lambatnya pertumbuhan jumlah distibusi sistem operasi Android versi terbaru. Ini memang fakta, dimana ketika Google mengumumkan sistem operasi Android terbaru, hanya perangkat Nexus dan Pixel saja yang bisa langsung mencicipinya dan untuk perangkat dari pihak ketiga harus menunggu lama untuk mendapatkan update OS baru.

Meskipun saat ini masih cukup rendah melihat grafik terbaru yang memperlihatkan Android Oreo yang telah digunakan oleh 0.3% dari semua perangkat Android, namun perlu diingat bahwa angka tersebut dapat diraih oleh Android Oreo dalam waktu kurang dari 3 bulan, mengingat Google meluncurkan OS tersebut pada pertengahan bulan Agustus lalu.

Grafik tersebut juga menunjukkan fakta bahwa betapa sedikit perangkat Nexus dan Pixel yang ada di pasaran. Angka tersebut juga ditambah oleh perangkat Sony Xperia yang beberapa sudah menjalankan OS Android Oreo.

Di sisi lain, angka pertumbuhan Android Nougat masih tumbuh dengan mantap, dimana saat ini OS tersebut telah mencapai angka 20,6%. Sementara untuk Android Marshmallow kehilangan beberapa daya tarik namun tetap menjadi versi Android yang paling banyak digunakan saat ini, dengan angka 30,9%. Android Lollipop juga masih menempati posisi kedua dengan angka 27,7% dan disusul oleh KitKat di angka 13,8%. Untuk perangkat yang menggunakan OS Android lama jika digabungkan akan menjadi 7,2%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here