Google Chrome mungkin adalah aplikasi browser yang paling populer sejagat saat ini, namun hal itu tampaknya tak menyurutkan Mozilla untuk terus berinovasi dan berupaya dengan sekuat tenaga agar aplikasi browser Firefox yang menjadi andalannya bisa terus mendapatkan pangsa pasar yang ada. Dengan pemikiran seperti itu, Mozilla dikabarkan baru saja mengumumkan tiga fitur eksperimental baru untuk Firefox sebagai bagian dari Pilot Uji Firefox (Firefox Test Pilot).

Yang pertama disebut Voice Fill, yang mengandalkan fungsionalitas built-in Speech to Text (STT) Firefox untuk memasukkan teks. Voice Fill dapat digunakan untuk melakukan pencarian menggunakan pencarian Google, Yahoo ataupun DuckDuckGo. Penggunaan suara untuk pencarian adalah yang sederhana seperti mengklik tombol mikrofon di sebelah bidang pencarian di mesin pencarian, pilih dan berbicara. Meski diklaim sebagai yang terbaik, tampaknya masih tetap harus dilihat apakah AI voice recognition yang digunakan Voice Fill tersebut akan bisa memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih akurat dibanding menginput dengan cara mengetik secara cepat melalui keyboard.

Fitur berikutnya di Firefox Test Pilot adalah Notes, yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mencatat segala hal yang ada dibenak pikirannya pada saat tertentu saat browsing internet. Notes sendiri terintegrasi langsung ke UI Firefox dan akan disinkronkan kemudian dengan Akun Firefox di semua perangkat yang ada.

Pada akhirnya, ada Send. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan file (berukuran hingga 1TB) dalam bentuk terenkripsi saat dalam proses pengiriman berlangsung. File yang diunggah dapat dibagikan melalui tautan, yang dapat dikirim melalui email atau media lainnya (yaitu Facebook Messenger atau teks). File yang pengguna upload akan dihapus setelah berhasil menyelesaikan unduhan atau setidaknya setelah satu hari masa berlakunya secara FIFO (First In First Out).

Seperti halnya semua fitur eksperimental pada umumnya, tidak ada jaminan kalau semua atau salah satu fitur yang ada akan diusung pada keberadaan versi Firefox yang akan datang. Namun, ada baiknya mengetahui kalau Mozilla sedang berpikir out of the box untuk membuat bagaimana Firefox bisa menjadi salah satu aplikasi browser yang lebih produktif bagi penggunanya di masa mendatang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here