Siapa yang tak mengenal CyanogenMod? Ya salah satu pengembang pihak ke tiga sistem operasi dari Google, Android, yang memiliki jumlah pengguna tidak sedikit. Kiprah tim ini memang sudah lama bergelut di dunia Android, untuk menghadirkan sistem operasi Android terbaru untuk perangkat yang tidak mendapatkan update tersebut.

cm13

Kita tahu bahwa versi terakhir dari ROM bikinan tim CyanogenMod ini adalah CM12.1 yang mana berbasis Android Lollipop 5.1. Namun kabarnya, tim CyanogenMod sedang “menggarap” ROM CM13 yang berasal dari sistem operasi teranyar dari Google, Android Marshmallow 6.0. Dikutip dari WCCFtech, Minggu (11/10/2015), diisukan bahwa mereka sedang mengerjakan proyek terbaru mereka. Namun yang perlu diperhatikan adalah, versi awal CM13 ini pastinya masih terdapat beberapa bug yang menadikan smartphone tidak dapat berfungsi secara normal semuanya. Seiringnya pembaruan dari CyanogenMod, bug-bug tersebut akan hilang.

Mungkin butuh sedikit waktu karena Android Marshmallow 6.0 masih pada tahap awal, dan Google sendiri terus menggulirkan update terbaru untuk prangkat Nexus yang dapat mencicipi sistem operasi teranyar tersebut. Pihak CyanogenMod pun jga berjanji, mereka akan membawa versi paling baru dari Android Marshmallow 6.0. Tentunya bagi Anda yang gemar “meng-oprek” smartphone Android, sangat gembira akan berita ini, terlebih dapat memcicipinya secepat mungkin.

Sayangnya, untuk waktunya kapan akan dirilis, masih belum diketahui karena dari CyanogenMod sendiri juga baru saja memulai preoyek CM13 tersebut. Ditafsirkan CM13 akan hadir pada berbagai perangkat Android kurang lebih sekitar 2 bulan.

(ND/WCCFtech)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here