Saat ini mainan untuk anak-anak memang tidak murah, terkadang harus merogoh kocek dalam untuk membeli mainan interaktif untuk anak seperti Lego dan lain-lain. Tapi sepertinya hal tersebut akan berubah berkat orang-orang di Disney Research, karena mereka telah menemukan cara menggunakan RFID untuk membantu membuat permainan murah yang interaktif.

RapID

Cara ini dilakukan melalui pengembangan perusahaan dari sistem yang disebut RapID. Konsep RapID mirip dengan RFID, kecuali bahwa dalam kasus RapID waktu pengenalan jauh lebih cepat dibandingkan dengan RFID. Misalnya scaner RFID membutuhkan waktu hingga 2 detik untuk membaca tag pada koper atau barang-barang lainnya. Sedangkan menggunakan RapID, Disney Research mengklaim bahwa hal itu bisa dilakukan dalam hitungan 200 milidetik.

Untuk mendemonstrasikan RapID miliknya bekerja, mereka telah menciptakan sebuah permainan interaktif dari tic-tac-toe, di mana objek ditempatkan pada papan fisik yang akan muncul di layar komputer lengkap dengan animasi dan efek suara. Idenya adalah bahwa karena memproduksi tag ini hanya membutuhkan biaya yang sangat murah, pada dasarnya Anda bisa menempatkannya pada benda apa saja tanpa kabel, tanpa jaringan, dan minim latensi.

Menurut laporan dari Disney Research, “Dengan mempermudah untuk menambahkan penginderaan berbasis RFID untuk objek, RapID memungkinkan desain baru, objek kustom interaktif dengan siklus pengembangan yang sangat cepat. “. Untuk melihat bagaimana demonstrasi dari RapID, Anda bisa menyaksikan pada video berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here