Permasalahan privasi kembali dihadapi oleh para pengguna Facebook. Kali ini, banyak user jejaring sosial tersebut yang mengaku bahwa percapakan mereka via private message muncul di halaman timeline. Percakapan yang muncul tersebut berasal dari percakapan yang terjadi dalam rentang waktu 2009, 2008, 2007 dan kemungkinan tahun-tahun sebelumnya.


Permasalahan ini pertama kali diketahui oleh Metro France. Namun, nampaknya masalah ini tidak terjadi secara global. The Next Web menengarai bahwa di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris dan Kanada tidak ditemui kasus serupa.

Namun hal berbeda muncul pada user Facebook yang berasal dari Perancis. Seorang staff The Next Web bernama Anna Heim pun menjadi salah satu korban Facebook kali ini. Dalam timeline miliknya, muncul percakapan yang dia lakukan pada tahun 2009.

Pihak Facebook pun telah memberikan pernyataannya terkait permasalahan ini. Kepada BBC, juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa tidak ada kebocoran dalam hal privasi dalam sistem jejaring sosial mereka.

Kepada TechCrunch, Facebook mengatakan bahwa pesan yang dikira private message tersebut merupakan pesan wall post yang telah ada sebelumnya. Dan, mereka meyakinkan bahwa pesan tersebut sudah ada sebelum fitur timeline diberlakukan oleh Facebook.

Selain itu, mereka mengungkapkan bahwa pada tahun 2008, Facebook tidak memiliki fitur likes dan komentar di wall post. Dah, Facebook menganggap bahwa hal inilah yang membuat orang kebingungan dan menganggap bahwa pesan yang muncul tersebut adalah private message.

Meskipun begitu, tak sedikit orang yang mengaku bahwa pesan yang muncul tersebut bukanlah wall post, melainkan private message.

(Via The Next Web)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here