Penggunaan handphone pada saat berkendara mempunyai risiko yang tinggi. Fenomena penggunaan perangkat mobile pada saat berkendara ini pun terjadi hampir di seluruh dunia, termasuk Jepang yang dikenal sebagai salah satu negara maju di Asia dan dunia. Bahkan menurut data dari Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo, tingkat kecelakaan akibat penggunaan handphone terus mengalami peningkatan.

Mereka pun baru saja mengungkapkan data kecelakaan pada tahun 2013 terkait penggunaan handphone dengan jumlah sebanyak 36 kasus. Angka ini pun meningkat sebanyak 23 kasus dibandingkan pada tahun 2010. Dalam laporan yang dikutip dari Ubergizmo, handphone pun menjadi sumber penyebab kecelakaan. Kecelakaan terkait penggunaan handphone pun biasanya terjadi pada mereka yang berusia 20 hingga 40 tahun.

handphone mobil

Kebanyakan korban kecelakaan terkait penggunaan handphone ini biasanya mengalami luka yang ringan. Namun ada beberapa kasus di antaranya yang mengakibatkan cidera berat dan bahkan kematian.

Di Indonesia, kasus kecelakaan yang terjadi akibat penggunaan handphone pun banyak terjadi. Yang paling sering kecelakaan terjadi di jalan raya, pada saat pengguna mobil dan sepeda motor yang punya kebiasaan untuk menggunakan handphone pada saat berkendara. Dan ada pula kecelakaan di mana seorang pejalan kaki yang tertabrak KRL di Jakarta karena pada saat itu dia mendengarkan musik melalui headphone.

via Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here