Di negara maju dan berkembang, pasti terdapat satu superkomputer yang biasanya digunakan untuk prakiraan cuaca, riset iklim, dan fungsi-fungsi seperti simulasi. Tentunya superkomputer ini bukanlah komputer biasa, karena superkomputer sendiri terdiri dari beberapa komputer yang digabungkan.

tianhe-2-0

Salah satunya yang menarik kali ini adalah superkomputer milik negara Tirai Bambu, Tiongkok. Dikutip dari TweakTown, Rabu (18/11/2015), kini Tiongkok telah memiliki 109 buah superkomputer. Angka tersebut merupakan 3x lipat dari angka 6 bulan lalu, yang mana negara ini hanya memiliki 37 superkomputer.

Superkomputer dengan nama Tianhe-2 ini menduduki peringkat pertama sebagai superkomputer tercepat di dunia, sesuai dari data yang dirilis oleh Top 500 baru-baru ini. Bagaimana tidak cepat, komputer super ini saja memiliki core sebanyak 3.120.000, sangar bukan? Tidak hanya itu Tiongkok juga melibas para negara adidaya, seperti Amerika Serikat yang terkenal maju akan perkembangan teknologinya.

Tianhe-2 ini dibuat oleh Universitas Nasional Pertahanan Teknologi Tiongkok, yang terletak di Changsha, Hunan. Dengan berbekal spesifikasi seperti prosesor dari Intel Xeon E5-2692v2 12C, yang memiliki kecepatan 2,2GHz dan RAM sebesar 1.024.000 GB alias 1.000 TB, membuat Tianhe-2 melesat hampir 2x lipat dari prosesor superkomputer yang berada di posisi ke 2, Titan Cray XK7.

Daftar 5 besar superkomputer tercepat di dunia (Kredit: Top 500)
Daftar 5 besar superkomputer tercepat di dunia (Kredit: Top 500)

Perlu diketahui juga bahwa kedudukan Tianhe-2 dari tahun 2013 hingga sekarang selalu menduduki peringkat paling atas dibanding dengan superkomputer negara-negara maju lainnya.

(ND/TweakTown)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here