Seperti yang kita ketahui, negara Tiongkok terkenal memiliki aturan hukum yang ketat termasuk dalam hal teknologi. Bukan rahasia lagi jika negara tersebut sangat membatasi penggunaan teknologi yang berasal dari luar negeri. Tak hanya Goolge, Facebook juga menjadi salah satu layanan yang diblokir pemerintah. Namun ada satu layanan milik Facebook yang berhasil beroprasi di Tiongkok, yakni WhatsApp.

Layanan messenger WhatsApp menjadi saatu-satunya layanan milik Facebook yang berhasil menembus ketatnya peraturan di negara tersebut. Seperti yang kita ketahui, Tiongkok sebelumnya telah memblokir layanan Facebook pada tahun 2009 dan Instagram pada tahun 2014. Kini tampaknya WhatsApp mendapatkan nasib yang sama, dimana layanan ini juga diblokir oleh pemerintah Tiongkok.

Seperti yang dilaporkan Phonearena, pemerintah Tiongkok tampaknya telah memblokir layanan WhatsApp di negara tersebut. Hal ini diketahui dari banyaknya laporan dari banyak pengguna yang mengeluhkan sudah tidak bisa mengirim gambar dan video melalui WhatsApp. Bahkan ada beberapa pengguna yang tak bisa mengirim pesan teks.

Tentu hal tersebut memperlihatkan indikasi bahwa Tiongkok akan memblokir layanan messaging milik Facebook itu secara permanen. Negara tersebut telah mengeluarkan undang-undang keamanan cyber baru bulan lalu, yang bahkan lebih ketat dari yang lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here