ifttt-smartphone

 

ifttt-smartphone

Namanya pengguna smartphone, tentu harus lebih cerdas dari smartphonenya. Kalau sahabat masih kerepotan sendiri menggunakan smartphone, berarti sahabat masih perlu meningkatkan pengalaman lagi. Salah satunya dengan aplikasi IF This Then That (IFTTT).

IFTTT merupakan aplikasi otomatisasi pekerjaan digital di smartphone kita dengan dasar logika IF This (jika begini) yang menjadi sebuah trigger atau keadaan tertentu yang kita setting sendiri, Then That (maka begitu) atau keadaan yang akan dihasilkan dari trigger tersebut.

Logika otomatis tersebut dinamakan Applet yang bisa kita pilih bahkan kita buat sendiri di smartphone milik kita. IFTTT terbukti bisa sangat membantu hidup kita yang berhubungan dengan smartphone jika kita tau cara mengunakannya.

Masih bingung? Mungkin akan sedikit berkurang bila sahabat menyimak contoh berikut:

Membuat smartphonemu yang hilang dalam keadaan silent, berbunyi dengan suara 100 persen

applet cara membuat smartphone bunyi saat hilang

Gunakan IF This: Android SMS kemudian pilih New SMS received matches. Hal ini akan membuat IFTTT mengenali kata-kata dalam sms yang masuk yang cocok sebagai trigger. Misalnya dalam contoh ini saya ambil kata “bunyi dong”.

Kemudian pilih Then That: Android Device kemudian pilih Set ringtone volume 100%. Dengan ini, maka ketika nanti smartphonemu hilang di rumah dalam keadaan ter-silent, tinggal SMS berbunyi “bunyi dong” ke smartphone tersebut. Setelah IFTTT mengenalinya sebagai trigger, maka volume smartphone tadi otomatis akan berubah menjadi 100 persen. Ajaib!

Membuat semua sosial media terhubung secara otomatis

ifttt sosial media facebook

Nah, kalau yang ini cocok sekali untuk kamu yang suka update di sosmed tapi ingin praktis tanpa membuka banyak aplikasi. Atau bisa juga menolong kamu yang punya lapak jualan online untuk posting di semua sosmed dalam satu waktu.

Contohnya, ada twit postingan Instagram kita menjadi foto di Twitter kita, atau menyimpan secara otomatis foto-tag Facebook tentang kita di Google Drive. Masih banyak lagi, tinggal dihubungkan sendiri dengan logika IFTTT yang menurutmu bisa membantu menghubungkan sosial mediamu.

Otomatisasi berdasarkan Geo-tagging 

cara sampai rumah kantor otomatis silent bunyi ifttt

Sangat praktis. Contohnya otomatis silent smartphone kita saat mulai memasuki wilayah kantor, ada lagi otomatis SMS, “sudah mau sampai bro” ketika memasuki wilayah rumah temanmu, atau mengaktifkan WiFi secara otomatis ketika memasuki wilayah rumah dan banyak sekali modifikasi lainnya!

Membantu melonggarkan memorimu

ifttt-cara-backup-foto-otomatis-android

Bila menyimpan banyak sekali file, maka memori smartphonemu akan cepat habis. Sebab itulah IFTTT bisa secara otomatis mem-backup-nya ke manapun tujuan kamu entah Google Drive, OneDrive, Dropbox. Alhasil, kamu bisa menghapus foto di memorimu dengan yakin, sebab sudah pasti tersimpan rapi di penyimpanan Cloud.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dilakukan IFTTT di smartphone kita. Silahkan buat dengan kreasimu sendiri. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here