Memendekkan alamat situs atau yang disebut URL di perangkat notebook ataupun komputer bisa dilakukan dengan berbagai cara. Terdapat beberapa layanan URL shortener yang bisa digunakan. Namun bagaimana kalau ingin melakukan hal tersebut di perangkat Android?

Untuk yang satu ini, terdapat sebuah aplikasi Android yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi tersebut adalah ShortPaste. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda pun bisa memperoleh URL sebuah situs dalam kondisi yang lebih pendek dan tentunya lebih ringkas.

shortpaste

Aplikasi ini berjalan di background dan akan bekerja secara otomatis pada saat Anda meng-copy URL. Hal ini tentunya bisa memudahkan kinerja Anda bukan? Kalau ingin mengunduh aplikasi ini, Anda bisa klik pada link berikut. Sebagai catatan, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis.

Untuk menggunakan aplikasi ini pun tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Pertama Anda bisa membuka aplikasi Shortpaste setelah berhasil melakukan instalasi di handphone Android. Aplikasi ini memberikan akses ke arsip URL yang sudah dipendekkan, Setting serta opsi untuk menggunakan layanan URL shortener. Anda pun bisa memilih layanan URL shortener yang ingin dipakai, apakah itu bit.ly ataupun goo.gl.
  2. Selanjutnya, Anda bisa menuju ke bagian Settings yang menggunakan ikon roda gigi. Di sini, Anda perlu centang pada opsi ‘Start on Boot’ agar aplikasi secara otomatis berjalan pada saat handphone dinyalakan. Anda pun bisa mencentang opsi lain, seperti Trim header yang akan secara otomatis menghapus bagian ‘http://’.
  3. Setelah dua langkah di atas dijalankan, maka selanjutnya Anda tinggal menggunakannya secara langsung. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here