Chromebook menjadi pilihan perangkat komputer mobile yang murah. Hanya saja, laptop ini bukanlah perangkat berbasis Windows, tapi menggunakan sistem operasi Chrome milik Google. Apalagi, sarana penyimpanan data pada Chromebook lebih mengandalkan sistem penyimpanan awan. Hal ini pun akan cukup ribet, terutama kalau digunakan pada lingkungan dengan koneksi internet terbatas.

Chromebook

Terlepas dari hal tersebut, ternyata ada solusi yang bisa Anda lakukan kalau sudah terbiasa menggunakan laptop Windows tapi ingin beralih ke Chromebook. Ada tips mudah yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi Windows pada perangkat Chromebook. Hal ini pun bisa dilakukan dengan tanpa menggunakan aplikasi emulator atau sejenisnya.

Sebagai gantinya, proses yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan aplikasi Windows secara remote dari Chromebook. Sejatinya, cara seperti ini juga bisa Anda lakukan saat menggunakan Mac ataupun Linux. Namun, kali ini kita lebih khusus membicarakan cara remote aplikasi Windows dari Chromebook.

Langkah pertama

Untuk langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menemukan tool yang tepat sebagai sarana remote aplikasi Windows. Anda bisa menemukan beraga pilihan aplikasi. Namun, pihak Google telah menyediakan aplikasi ini secara gratis. Cara instalasinya pun mudah dan sangat efektif, bernama Chrome Remote Desktop.

chrome remote desktop

Selanjutnya, Anda bisa menginstal aplikasi Chrome Remote Destop ini pada komputer Windows. Akan muncul dua pilihan pada saat pertama kali menjalankan aplikasi ini, yakni Remote Assistance dan My Computers. Pilih pada opsi My Computers dan klik Get Started, maka Anda akan secara otomatis mengunduh file installer aplikasi ini.

chrome remote desktop-1

Saat aplikasi ini dijalankan di komputer Windows, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN sebaga sarana pintu masuk akses. Kalau hal ini sudah selesai, maka pastikan untuk tetap menyalakan komputer tersebut agar bisa tetap terhubung dengan Chromebook.

Proses koneksi

Untuk menghubungkan antara Chromebook dengan komputer Windows, caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal masuk pada akun Google yang sama. Lalu, melakukan pengunduhan aplikasi dan menjalankannya. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN sebagai sarana autentifikasi. Agar lebih praktis, Anda bisa mencentang kotak di bagian bawah agar tidak perlu lagi memasukkan PIN untuk melakukan koneksi.

chrome remote desktop-2

Setelah proses ini selesai, maka Anda pun bisa menggunakan Chromebook untuk menjalankan berbagai aplikasi Windows yang ada di komputer. Mudah, kan?

1 COMMENT

  1. hmmm, aku pikir bisa crossover kayak linux, kalo hanya remote, pake linux pun juga bisa remote..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here