Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan awan terbaru dari Google. Layanan ini pun memberikan space penyimpanan yang cukup luas secara gratis. Dan, Anda pun bisa menggunakan layanan tersebut untuk menyimpan file-file yang ada di attachment akun Gmail Anda secara langsung.

Sayangnya, langkah penyimpanan sebuah file attachment di Gmail tidak bisa dilakukan secara langsung. Terdapat langkah-langkah khusus yang harus Anda lakukan. Cukup merepotkan memang, akan lebih mudah jika layanan ini bisa langsung dinikmati oleh para pengguna akun Gmail. Namun, untungnya langkah-langkah yang diperlukan tidak terlalu sulit. Ingin mengetahui caranya? Simak artikel berikut.

1. Pertama, tips ini hanya berlaku bagi pengguna browser Google Chrome. Anda pun diharuskan untuk mengunduh ekstensi Chrome yang bernama Gmail Attachments to Drive. Untuk mengunduh ekstensi satu ini, Anda bisa klik link berikut. Ekstensi ini berukuran tidak terlalu besar. Jadi Anda tidak perlu khawatir kuota internet Anda habis setelah mengunduh ekstensi yang satu ini.

2. Selanjutnya, Anda perlu menginstal ekstensi tersebut. Jika proses instalasi berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut.

2. Setelah itu, pastikan akun Gmail Anda menggunakan tampilan standar. Jika instalasi yang Anda lakukan berhasil, maka akan muncul Save to Drive dalam file Attachment Anda. Kalau masih belum muncul juga, Anda perlu merefresh browser Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here