Aplikasi WhatsApp kini dikenal sebagai software messenger terpopuler. Hampir setiap berkenalan dengan orang baru atau bertemu kawan lama, Anda pun akan diminta untuk memberikan nomor WhatsApp. Berkomunikasi lewat messenger yang satu ini memang sangat ringkas. Bisa melalui chatting, panggilan suara, ataupun video.

web whatsapp

Tidak hanya itu, penggunaan WhatsApp pun dipermudah dengan peluncuran fitur web WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menjalankan akun miliknya via komputer. Hanya saja, pihak WhatsApp tidak menyediakan fitur tersebut untuk beragam platform. Mereka hanya memberikan fitur tersebut kepada pengguna Windows dan Mac.

Dengan kondisi seperti itu, mereka yang tidak menggunakan kedua sistem operasi tersebut pun harus gigit jari. Termasuk di antaranya adalah Linux. Namun, dengan sedikit trik pintar, Anda ternyata bisa menjalankan WhatsApp lewat komputer Linux. Penasaran, kan? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah awal adalah dengan menjalankan aplikasi browser Google Chrome.
  2. Selanjutnya, bisa menuju ke webstore dan mengunduh ekstensi WhatsChrome. Ekstensi ini memungkinkan pengguna komputer selain Mac dan Windows untuk menjalankan WhatsApp via Chrome.
  3. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan scanning kode QR untuk bisa menjalankan aplikasi WhatsApp di komputer Linux.

Beragam fitur pun bisa Anda nikmati ketika menggunakan ekstensi ini. Termasuk di antaranya adalah panggilan suara, video, ataupun chatting biasa. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat mengirimkan berbagai jenis file lewat WhatsApp yang dibuka via Linux ini.

Selain memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Chrome, langkah serupa juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan browser Mozilla Firefox. Hanya saja, Anda membutuhkan ekstensi yang berbeda. Bagi para pengguna browser Firefox di Linux, dapat mengunduh ekstensi yang bernama Messenger for WhatsApp. Fitur yang dimiliki oleh ekstensi ini pun tidak begitu jauh berbeda dengan WhatsChrome. Sebagai tambahan, ekstensi ini juga memberikan informasi jumlah pesan yang belum terbaca.

Nah, bagaimana? Dengan trik pintar di atas, para pengguna Linux ataupun sistem operasi lain pun tetap bisa menggunakan WhatsApp secara bebas di komputer. Kuncinya adalah, keberadaan browser Google Chrome dan Mozilla Firefox. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here