Melalui salah satu perwakilannya di konferensi Huawei Connect di Shanghai, China, Toshiba rupanya tengah mengindikasikan bersiap meluncurkan model harddisk helium 14TB terbarunya dalam waktu dekat ini atau tepatnya pada akhir tahun 2017 yang akan datang.

HDD berkapasitas terbesar yang saat ini tersedia adalah 12TB besutan divisi HGST Seagate dan Western Digital yang ditujukan untuk pasar enterprise, yang berisi solusi penggerak tunggal dan juga dilengkapi dengan helium. Namun seandainya pada akhir tahun ini Toshiba jadi merealisasikan tujuannya untuk merilis HDD 14TB, sudah barang tentu produsen manufaktur Jepang tersebut langsung menyandang posisi teratas dalam menghadirkan kapasitas harddisk terbesar di dunia.

Sementara sedikit menelaah perencanaan produksi harddisk yang baru saja diumumkan Toshiba pada bulan Januari yang lalu, Seagate kabarnya telah berencana untuk merilis HDD 16TB sekitar tahun 2018 dan kemudian diikuti HDD 20TB pada tahun 2020 yang akan datang. Menyadari hal tersebut, Seagate kemungkinan baru akan merilis model harddisk 14TB terbarunya setidaknya paling cepat pada akhir tahun 2017 dan paling lambat pada paruh pertama tahun depan.

Rencana menghadirkan harddisk berkapasitas 14TB boleh jadi merupakan terobosan besar bagi Toshiba secara pribadi. Saat ini model harddisk Toshiba yang paling populer disandang oleh model 8TB N300 yang dibangun untuk network attached storage (NAS). Menghadirkan antarmuka SATA 6Gbps, kecepatan rotasi 7,200 RPM, dan 128MB cache, harddisk tersebut konon sanggup menghadirkan kecepatan transfer data yang berkelanjutan sebesar 240MB/s.

Berkat kekurangpadatannya dibanding udara, gas Helium tampaknya memiliki daya tarik yang secara signifikan dapat menurunkan unsur gesekan internal yang terjadi pada piringan harddisk. Dukungan gas super ringan tersebut praktis juga membuka jalan untuk kecepatan lebih cepat dan meningkatkan kepadatan penyimpanan .yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here