You are currently viewing Trojan Android Marcher, Bisa Mencuri Password Facebook, Gmail, dan WhatsApp
kredit gambar: istock

Ancaman malware terus menghantui para pengguna smartphone Android. Bahkan kini dijumpai malware bernama Marcher yang terbukti bisa mencuri password berbagai jenis akun, mulai dari akun Facebook, WhatsApp, Gmail ataupun Instagram.

Malware ini sebenarnya bukanlah virus trojan baru. Keberadaan Marcher sudah diketahui sejak tahun 2013. Pada saat itu aplikasi ini bisa menipu pengguna smartphone dengan menampilkan layar palsu saat menjalankan aplikasi Google Play Store.

kredit gambar: istock
kredit gambar: istock

Pada tahun 2014, aplikai Marcher ini mempunyai kemampuan yang lebih canggih. Marcher pun menjadi biang kerok aktivitas phising terhadap lembaga finansial yang ada di Australia, Perancis, Jerman, Turki serta Amerika Serikat.

Dan baru-baru ini, firma keamanan Zscaler mengungkapkan kemampuan baru yang dimiliki oleh malware Marcher. Zscaler mengungkapkan kalau saat ini kreator Marcher mengalihkan targetnya kepada para pengguna aplikasi Android populer.

Marcher, seperti dikutip dari Softpedia, kini mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan data-data penting dengan menggunakan layar login palsu. Marcher pun bisa menampilkan layar login palsu berbagai aplikasi populer, di antaranya adalah WhatsApp, Viber, Skype, Facebook, Facebook Messenger, Intagram, Twitter, Gmail, Line, UC Browser, Chrome serta Play Store.

Zscaler mengungkapkan, penyebaran aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan domain tak resmi milik Google. Mereka pun melakukannya dengan menyediakan update security palsu untuk pemilik smartphone Android. Oleh karena itu, Zscaler mewanti-wanti pemilik smartphone untuk tidak menginstal aplikasi dari luar Google Play Store.

(BHK)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply