Chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 835 baru saja memulai debutnya yang langsung diusung oleh beberapa smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S8, Sony Xperia XZ, dan Xiaomi Mi 6. Saat ini chipset tersebut merupakan chip paling powerful milik Qualcomm, namun ada rumor yang mengatakan jika perusahaan AS ini sudah memulai menggarap chipset flagship berikutnya.

snapdragon-845

Chipset flagship generasi berikutnya dari Qualcomm akan bernama Snapdragon 845 dan chipset tersebut sedang dikembangkan bersama Samsung untuk Galaxy S9 yang dijadwalkan rilis tahun depan. Beberapa rincian yang sudah beredar mengatakan jika chipset flagship generasi selanjutnya akan dibangun dengan proses yang lebih kecil dan lebih rumit, yakni menggunakan proses fabrikasi 7nm.

Menurut laporan dari Taiwan, TSMC telah mulai mengembangkan proses 7nm dan produksi percobaan yang dimulai pada bulan April lalu. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa produksi secara penuh akan dimulai pada awal tahun depan. Ini berarti kita bisa berharap jika iPhone 8 yang diharapkan meluncur tahun ini bakal mengusung chipset yang dibangun dengan proses 7nm.

snapdragon-845-2

TSMC telah menjadi langganan lebih dari 30 pembuat chip yang berbeda termasuk Qualcomm, MediaTek, Apple, Huawei dan lain-lain. Laporan itu mengkalim bahwa lebih dari setengah dari 30 pelanggan TSMC berencana untuk menggunakan proses 7nm untuk membuat chip dengan performa tinggi.

TSMC sebelumnya mengungkapkan bahwa proses 7nm memiliki performa yang meningkat 25%-35% jika dibandingkan dengan 10nm dan sekitar 95% dari komponen pada chip 10nm dapat masuk ke sebuah chip 7nm yang berukuran lebih kecil. Pihak TSMC sendiri mengaku bahwa Samsung adalah satu-satunya pembuat chip yang bersaing dengan TSMC dalam persaingan untuk mengusahakan proses 7nm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here